Mengapa Membuat Aplikasi Android dengan App Inventor?

Membuat aplikasi Android memang susah susah gampang, lebih banyak susahnya daripada gampangnya, susah karena kita harus belajar coding dan logic pada awalnya, gampang karena dengan proses yang terus berjalan, kita akan semakin mahir.

Yang terpopuler, aplikasi android dibuat dengan coding Java, misal netbeans, eclipse dll yang kita tau seperti apa setress nya bagi orang awam. Google menjadi sang dewa penolong dengan kemudahan mencari referensi dan kode-kode pemrograman.

Mengapa Membuat Aplikasi Android dengan App Inventor? d

Lalu munculah App Inventor, dimana kita tidak perlu lagi paham yang namanya bahasa pemrograman, kita cuma dituntut untuk paham sama yang namanya logika dari sebuah aplikasi.

Pembuatan Aplikasi di App Inventor begitu mudah yang bahkan orang awam seperti Admin blog ini hanya dengan 3 bulan belajar bisa menghasilkan aplikasi yang mendapat nilai A untuk sebuah skripsi.

Memang App Inventor awalnya sangat gak berguna, karena fitur-fitur yang sangat terbatas. Tapi di App Inventor 2 (AI2) ini semuanya jadi lebih mudah dengan komponen yang tinggal pakai saja, semua sudah tersedia, tinggal kita mengemasnya dengan kode blok untuk dijadikan sebuah aplikasi powerfull.

Kode blok secara teknis bukanlah bahasa pemrograman, ini adalah versi simpel dari coding manual yang hanya menyisakan logic, blok-blok disatukan seperti sedang bermain puzzle, jadi hanya blok yang cocok yang bisa digabung.

Sehebat-hebatnya App Inventor, banyak anggapan yang bilang kalo masih kurang powerfull dibanding coding manual, tapi tidak ada yang menyangkal kalo inilah cara paling praktis dan termudah dalam membuat aplikasi Android.

IndoAppInventor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *