Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia

Kali ini adalah demo membuat Aplikasi untuk Menerima SMS dan sekaligus membalasnya secara langsung. Bisa juga digunakan untuk mengirim pesan secara langsung ke nomer penerima, dan sangat-sangat simpel 😀

Penampilan desain screen seperti pada gambar dibawah ini, urutan dari atas kebawah adalah sebagai berikut, perlu diperhatikan, disini ada dua buah non-visible components (Komponen tidak terlihat) yaitu Texting 1 dan Notifier.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia sc

Tidak ada pengaturan khusus pada komponen, mungkin cuma TxtTerima dan TxtBalas di set menjadi ‘Mulltiline’

Kode Blok aplikasi SMS terima dan kirim

Tingkat kesulitan dari aplikasi kali ini adalah Medium.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia i

Bagian pertama adalah mendefinisikan variabel global yakni NomerDiterima sebagai integer dan Pesan Diterima sebagai text string.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia b

Berikutnya adalah membuat toggle yang mengatur apakah aplikasi ini diperbolehkan untuk menerima pesan atau tidak. Bila CekBolehTerima mengalami perubahan, maka akan di cek, bila kondisi diceklis adalah benar, maka berarti boleh menerima pesan, bila tidak diceklis maka tidak boleh menerima pesan.

Pengaturannya terlihat pada gambar diatas.

  1. Bila di set ke 1, maka tidak akan ada pesan yang diterima
  2. Bila di set ke angka 2, maka komponen tetap menerima pesan ketika aplikasi nya sedang berjalan
  3. Bila di set ke angka 3, maka walaupun aplikasi tidak tampil dan tidak berjalan, maka ketika ada pesan masuk, akan muncul notifikasi.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia b

Bagian ketiga dari kode blok adalah tentang komponen tidak terlihat bernama Texting1. Saat komponen mendeteksi pesan masuk, maka akan dicek apakah txtTerima itu kosong atau tidak, bila txtTerima tidak sama dengan kosong (berarti ada isinya), maka akan muncul pesan dengan memanggil komponen notifier.

Pesannya memberitahukan apakah txtTerima akan ditimpa dengan pesan masuk baru atau tidak?. Disaat bersamaan, variabel NomerDiterima mendapatkan nomer Penerima yang barusan masuk, sedangkan variabel PesanDiterima mendapatkan isi pesan yang barusan masuk.

Namun, jika TxtTerima ternyata kosong, maka TxtNoPengirim akan diisi oleh Nomer pengirim pesan dan TxtTerima akan berisi pesan tersebut.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia 23

Blok ke Empat adalah perpanjangan dari blok ke tiga, yakni bila Notifier tersebut mendapat pilihan, yakni bila pengguna memilih opsi Timpa dari blok ketiga, maka TxtNoPengirim akan diisi variabel NomerDiterima, dan TxtTerima akan berisi variabel PesanDiterima yang di set di blok ketiga.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia 25

Blok terakhir yakni blok kelima adalah untuk membalas pesan yang masuk, ketika BtnBalas di klik, maka fungsi akan mengecek apakah TxtBalas atau TxtNoPengirim itu ada isinya atau tidak, bila salah satu atau keduanya kosong, maka akan muncul pesan dari Notifier.

Namun bila TxtBalas dan TxtNoPengirim ada isinya, berarti bagian Pesan dan Nomer Penerima akan di set sesuai dengan yang tertulis di TxtBalas dan TxtNoPengirim. Dan selanjutnya pesan dikirim.

Contoh Penampakan langsung di Smartphone

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia r

Ketika di ceklis, maka penerima pesan aktif dan bisa menerima SMS dengan baik.

Dan Disini adalah ketika pesan masuk diterima, sedangkan pesan sebelumnya masih masih ada di TxtTerima, maka akan muncul pilihan mau menimpa nya atau tidak.

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia f

Contoh notifikasi yang muncul di notification bar adalah sebagai berikut

Medium: Aplikasi Kirim dan Terima SMS Tersimpel Sedunia n

Kalo ada yang gak mudeng, silahkan ditanyakan, jangan sungkan yaa

IndoAppInventor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *