Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi e

Tutorial untuk kategori basic berikutnya adalah penggunaan beberapa bahasa dalam satu aplikasi. Demo kali ini berupa penerapan tiga bahasa berbeda dalam sebuah aplikasi, dimana cukup hanya dengan sekali klik maka akan tampil bahasa yang diinginkan.

Tujuan dari materi ini adalah untuk memahami lebih lanjut tentang fungsi dari ‘Button’ dan ‘Ceklist’, serta bagaimana penerapan secara langsung.

Langsung saja buat projek baru bernama ‘Triple_Bahasa’

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi d

Buat pengaturan seperti di gambar atas ini untuk mempermudah prakteknya, posisikan label, Button, textfield dan ceklist dalam urutan yang sama, dan diberi nama yang sama seperti pada panel sebelah kanan.

Tidak ada pengaturan khusus pada komponen, jadi kali ini lebih aman.

Kode Blok App Inventor untuk Multiple Language

Yang pertama adalah membuat prosedur BahasaInggris terlebih dahulu, yang ini berfungsi untuk mengatur tulisan dari masing-masing komponen ke bahasa Inggris, yakni label, Button, textfield dan ceklist. Setelah prosedur selesai dibuat, maka perlu ada yang memanggil, yakni BtnInggris dengan event OnClick.

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi 4

Berikutnya adalah tombol BtnIndo untuk mengambalikannya ke bahasa Indonesia. Caranya sama seperti di bahasa Inggris.

Pastikan juga untuk mengeset komponen CeklisJawa untuk tidak di cheklist ketika BtnInggris atau BtnIndo ditekan.

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi 2

Terakhir adalah CeklisJawa, cara nya masih sama dengan pengesetan untuk bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, yang pertama dengan cara membuat prosedur BahasaJawa, dan isikan data-data bahasa Jawa yang diinginkan, saya sendiri sih kurang paham tentang bahasa Jawa :mrgreen:

Tidak seperti Button, kode blok untuk Ceklist sedikit lebih panjang, pemicunya adalah ketika ceklist tersebut di cek atau di uncek. Jadi ketika kondisi CeklisJawa di cek adalah benar, maka akan mengambil prosedur BahasaJawa, dan tampilan keseluruhan aplikasi akan berubah menjadi bahasa Jawa.

Selain itu maka akan mengambil prosedur BahasaIndonesia.

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi b1

Prosedur, mengapa harus membuat prosedur?? sebenernya bisa saja kan dibuat seperti dibawah ini ➡

Basic: Penggunakan Tripel Bahasa Dalam Aplikasi 6

Jadi ketika BtnInggris di klik, maka tidak perlu panggil prosedur, tapi langsung mengeset komponen dari tombol langsung. Tapi sayangnya cara ini tidak populer karena tidak efisien, kalo menggunakan ini, anda juga harus yakin kalo gak bakal memanggil proses yang sama dengan komponen lain.

Misalnya begini, terlihat kan ada prosedur BahasaIndonesia?, bila tidak ada prosedur BahasaIndonesia, maka kita akan perlu meletakkan keseluruhan kode blok proses perubahan ke Bahasa Indonesia pada event CeklisJawa. Sehingga kode blok proses perubahan ke Bahasa Indonesia akan tercantum di Blok CeklisJawa dan BtnIndo, jadi selain makan tempat, mungkin bakal memakan lebih banyak daya.


Oke, lalu apakah cuma ini cara untuk mengganti bahasa?? Setau saja ada cara lain, yakni menggunakan database dan file lain, cara ini diperlukan kalo aplikasi tersebut memiliki banyak tulisan, dan bakalan buang-buang ruang blok kalo dipaksakan.

Sekian dulu, kalo ada yang perlu dikoreksi atau ditambahkan, silahkan 😉

IndoappInventor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *