Apa itu App Inventor?

App Inventor pada dasarnya adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dibuat dan dikembangkan oleh Google, Dirilis pada 15 Desember 2010, pada awalnya penelitian dilakukan oleh google dengan tujuan sebagai komputasi pendidikan pada lingkungan pengembangan online.

App Inventor berbentuk aplikasi Web yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi yang hebat dan bisa digunakan di telepon selular berbasis android dengan mengerti konsep programming tanpa harus menguasai bahasa pemrograman secara keseluruhan.

Beberapa aplikasi yang bisa dibuat oleh App Inventor antara lain Game dengan Grafis 2D dan Animasi, utility, Aplikasi Multimedia, GPS dan Navigasi, Pengamanan, bisnis dan komunikasi, bahkan Pengontrol robot seperti LEGO MINDSTORM NXT, dan masih banyak lagi.

Di website ini tidak akan dijelaskan tentang sejarah App Inventor, karena tentu anda suka to the point langsung praktek. Tapi agar anda tau, akan dijelaskan sedikit disini

App Inventor pada awalnya, sekitar Agustus 2011, Google mengumumkan bahwa App Inventor akan dihentikan sebagai produk Google, dan berhubung App Inventor kini menjadi Open source, Ia sekarang menjadi bagian dari MIT Center untuk pembelajaran mobile di MIT Media Lab.

Mulai tanggal 3 Desember 2013, App Inventor 1 mendapat perkenalan upgrade menjadi App Inventor 2, dan App Inventor 1 atau yang biasa disebut App Inventor Beta, yang biasa kita gunakan sebelumnya berubah menjadi App Inventor Classic?? begitu saja? apa saja perbedaanya?

Sebenarnya antara App Inventor Classic dan App Inventor 2 sangat mirip, cuma dia berjalan di sistem yang berbeda, AI2 lebih baik dari segi tampilan, performa dan kompatibilitas dibanding AI generasi pertama. Dan juga yang terpenting adalah… Project AI generasi 1 tidak bisa digunakan di AI2, tapi tim MIT sedang berusaha menyediakan tool untuk mentransfer project AI1 ke AI2, tapi sayangnya itu tidak ada dalam waktu dekat.